Otak Kanan Positif??? Otak Kiri Negatif???

Segala yang kanan dipandang positif dan segala yang kiri dipandang negatif.

Agama pun mengajarkan keutamaan bagian kanan, misal:

  • makan dengan tangan kanan
  • masuk masjid/rumah mulai dengan kaki kanan
  • memberi dengan tangan kanan
  • tidur menghadap ke kanan, dsb

Para pakar, para ahli dan para motivator pun meneliti dan membagi otak menjadi 2 bagian:
otak kanan dan otak kiri

Hasil penelitian mereka adalah sebagai berikut:
otak kanan dipandang sebagai bagian otak yang kreatif, imaginatif, tdk masuk akal, dsb

Sedangkan otak kiri dipandang sebagai bagian otak yg analitis, intelegensi, rasional (masuk akal)

Setelah melalui penelitian serta pemikiran beberapa pakar dan motivator menggabungkan atau mengasosiasikan fungsi otak kanan (imaginatif, emosional, tidak masuk akal,dsb) dengan segala sesuatu yang positif yang dapat membawa seseorang pada kesuksesan. Orang-orang yang sukses dipandang sebagai orang-orang yang lebih condong memakai otak kanannya.

Sedangkan orang-orang yang lebih condong memakai otak kirinya (analitis, intelegensi, masuk akal, dsb) dipandang sebagai orang-orang yang memiliki sikap banyak pertimbangan, banyak perhitungan sehingga menghambat seseorang untuk mengambil action.
Hal ini dianggap sebagai sebab mengapa  orang-orang yang lebih memakai otak kiri menjadi tertinggal dibandingkan dengan orang-orang yang lebih condong memakai otak kanan.

Karena itu fungsi otak kanan dianggap positif dan fungsi otak kiri dianggap dengan negatif.

Yang menjadi pertanyaan penulis : apakah kerja otak kanan seperti imaginasi, emosional, irrasional selalu yang positif-positif saja?

Apakah seseorang selalu berimaginasi yang positif?

Apakah orang yang emosional dan tidak masuk akal adalah selalu orang-orang baik yang positif?

Bukankan orang bisa berimaginasi yang positif dan bisa juga berimaginasi yang negatif.

Orang yang sering berimaginasi negatif bisa jadi berbuat yang tidak masuk akal berupa pemerkosaan, sebuah perbuatan tidak masuk akal yang negatif.

Karena para pakar otak kanan menyebut fungsi imaginasi dilakukan otak kanan dan bersifat positif, bagaimana dengan pemaparan di paragraf di atas?

Kalau begitu apakah imaginasi yang negatif dilakukan oleh bagian otak kiri yang negatif?
Pernyataan ini tentu tidak sesuai karena para pakar telah sepakat bahwa pekerjaan berimaginasi dilakukan oleh otak kanan.

Salah seorang penulis dan motivator yang terkenal dengan ajaran otak kanan adalah bapak Ippho Santosa dengan bukunya mengenai otak kanan : 7 Keajaiban Rezeki

Tulisan ini bukanlah suatu kritik terhadap isi buku tersebut tetapi lebih merupakan suatu pertanyaan mengenai ajaran otak kanan tersebut.

Penulis blog ini pun setuju bahwa bagian kanan lebih diutamakan, baik itu ajaran tata krama atau pun ajaran agama. Kalau imaginasi orang adalah hal-hal yang positif maka tentu orang tersebut akan terdorong pula untuk berbuat yang positif-positif saja.

Akan tetapi bagaimana dengan yang orang yang sering berimaginasi negatif?

Kalau saja imaginatif tidak dikaitkan dengan otak kanan, atau otak kiri maka hal itu tidak masalah. Orang yang berimaginasi positif, yang berimaginasi otak kanan, sedangkan orang yang berimaginasi negatif, letaknya di otak kiri.

Sedangkan pada ajaran otak kanan imaginatif adalah mutlak fungsi dari otak kanan.

Sebenarnya inti dari ajaran otak kanan menurut penulis adalah agar kita selalu berfikir yang positif, berfikir (berimaginasi) yang luar biasa, memikirkan segala sesuatu yang dapat membawa kita pada kesuksesan. Akan tetapi penempatan imaginatif pada otak kanan akan menjadi kebingungan ketika yang diimaginasikan adalah hal-hal yang negatif.

Penulis memiliki buku Ippho yang lain yang berjudul Eternity Marketing, buku yang ditulis jauh sebelum menyebut dirinya sebagai pakar otak kanan. Di dalamnya terdapat bab yang berjudul Vertical Positive Thinking. Terus terang penulis lebih menyukai istilah positive thinking.

Positive Thinking lawannya adalah negative thinking, tidak perduli bagian otak mana yang berfikir apakah kanan atau pun kiri, itu bukan masalah.

Apakah ajaran dari otak kanan itu mengajarkan bahwa orang yang berimaginasi adalah orang yang positif, orang yang kurang berimaginasi sebagai orang yang negatif??? Tetapi bagaimana bila dia berimaginasi negatif???

Mungkinkah ajaran otak kanan adalah pengembangan dari ajaran (LoA) Law of Attraction??? Karena pada buku 7 Keajaiaban Rezeki pun membahas mengenai LoA.

Salah satu buku mengenai ajarang LoA adalah The Secret.

Penulis sangat tidak setuju dengan isi buku tersebut setelah membaca bahwa LoA bukan mengenai benar atau salah. Buku tersebut mengajarkan apa yang kita fikirkan maka itu yang akan kita dapatkan. Buku ini juga mengajarkan Fikiran menjadi sesuatu.

Tidak perduli benar atau salah, apa yang kita fikirkan maka itu yang akan kita dapatkan, tapi buku tersebut tidak membahas mengenai perbuatan benar atau salah.. sehingga ketika seseorang lelaki homoseksual yang merasa risih dengan lingkungan yang selalu mencemoohnya datang berkonsultasi kepada pakar ajaran LoA, maka sang pakar LoA bukannya mengajarkan untuk meninggalkan perilaku seksualnya yang menyimpang, alih-alih malah mengajarkan cara-cara agar bagaimana menjadi lebih percaya diri dengan keadaan sekarang.

Mengenai berimaginasi, berangan-angan atau sejenisnya, penulis condong lebih menyukai pepatah yang terdapat pada buku 7 Habits dari Stephen Covey yang berbunyi :

Barangsiapa menebar gagasan, maka akan menuai perbuatan, menebar perbuatan akan menebar kebiasaan, menebar kebiasaan akan menuai karakter, menebar karakter akan menuai nasib.

Jika kita menebar gagasan yang baik (positif) maka kita akan menuai perbuatan yang baik, jika kita menebar perbuatan baik maka kita akan menuai kebiasaan baik, jika kita menebar kebiasaan baik maka kita akan menuai karakter baik, dan terakhir bila kita menebar karakter baik maka kita akan menuai pula nasib yang baik.

Akan tetapi dapat pula menjadi sebaliknya :

Jika kita menebar gagasan yang buruk (negatif) maka kita akan menuai perbuatan yang buruk, jika kita menebar perbuatan buruk maka kita akan menuai kebiasaan buruk, jika kita menebar kebiasaan buruk maka kita akan menuai karakter buruk, dan terakhir bila kita menebar karakter buruk maka kita akan menuai pula nasib yang buruk.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Otak Kanan Positif??? Otak Kiri Negatif???

  1. heny anugrah berkata:

    saya seorang penulis. selalu mengandalkan gagasan dan ide baru yang terkadang tak masuk akal untuk mewujudkan cerita saya menjadi unik dan mempesona bagi para prembacanya. saya suka bermain main dengan imajinasi tetapi masih didalam konsep pembuatan cerita atau artikel. saya lebih condong pada pemikiran yang positif dan spontan. buku the secret sangat bermanfaat bagi saya untuyk menumbuhkan kepercayaan diri sendiri yang kuat dan percaya dengan hukum gravitasai yg selalu berlaku nyata dan pasti. saya percaya karena sdh berulangkali bisa sukses karena membaca dan menjalankan apapun perintah dari the secret. buku yang mengedepankan sebuah rahasia hidup yang luarbiasa yg bisa dicapai dengan kesabaran, keyakinan kuat dan bergerak sesuai keinginan yang positif tanpa harus merugikan pihak manapun. good luck the secret…!

    • thepowerofamanah berkata:

      Alhamdulillah, The Secret telah memberikan Anda inspirasi dalam menulis. Iya saya hanya bisa menuliskan bahwa sebagai penulis Anda pun pasti memiliki pandangan bagaimana tulisan yang benar dan tidak benar dan akibat dari tulisan-tulisan kita.

      Kita boleh saja menulis apa saja yang positif dan spontan, tapi kita juga bisa memperkirakan akibat dari tulisan yang akan akan kita publish.

      ibarat kata seorang motivator favorit saya Mr Tung Desem : lakukan perbuatan dahsyat yang positif… jadi ada perbuatan dahsyat yg positif ada juga perbuatan dahsyat yg negatif

      Sebenarnya yg ingin saya sampaikan seperti itu. sebagai penulis kita pun ada batasan2 yang tidak akan kita langgar dan apabila batasan2 tsb kita langgar maka bisa saja ada pihak2 yg akan berpikiran yg tidak kita harapkan…

      mengenai kritik 2 lain ttg buku The Secret bisa Anda baca di

      http://en.wikipedia.org/wiki/The_Secret_(book)#Criticism

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s