Laporan Keuangan : Neraca (2) : Neraca kiyosaki yang membingungkan

Bagian ini membahas mengenai neraca keuangan yang terdapat pada buku-buku serial Rich Dad yang ditulis oleh Robert Kiyosaki.

Pada laporan keuangan neraca model Kiyosaki terdapat perbedaan dengan neraca yang biasa dipelajari di sekolah/universitas.

Pada neraca model Kiyosaki memang terdapat dua bagian yaitu kanan dan kiri yang membedakan di sebelah asset hanya terdapat liability atau kewajiban (hutang). Tidak terdapat modal sendiri (equity).

Apakah Kiyosaki tidak mengenal istilah equity?

Menjadi pertanyaan besar bagi saya ketika Kiyosaki menyebut bahwa tujuan kita adalah memperbesar asset dan mengecilkan liability, sehingga gambar dari neraca akan menjadi

Melihat gambar di atas sudah tentu bukan sebuah neraca lagi karena sebelah kanan dan kiri tidak seimbang.

Bukankah dengan bertambahnya asset yang diikuti dengan berkurangnya liability itu artinya bertambahnya modal sendiri? seharusnya gambar di atas terlihat seperti berikut :

Sangat mengherankan padahal buku-buku yang memuat gambar balance sheet model Kiyosaki ini dibuat bersama co-author Sharon Lechter seorang CPA (Certified Public Accountant).

Buku-buku serial Rich Dadnya Kiyosaki memang menarik dan membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti ajaran-ajarannya.

Akan tetapi banyak juga yang mengkritisi Kiyosaki salah satunya John T Reed

Sebagai tambahan laporan keuangan Kiyosaki Laporan Rugi Laba pun berbeda dengan yang biasa dimana hanya terdapat income (pendapatan) dan expenses (biaya-biaya) saja, tidak terdapat profit (laba) atau loss (rugi) yang merupakan hasil pengurangan dari income dan expenses.

Pos ini dipublikasikan di Amanah Dalam Bisnis, The Power of Amanah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s